Belajar Bookbinding di Bandung Readers Festival

Assalamualaikum.

Finally, ada keinginan untuk nulis lagi disini. Aku tlah bangkit☺ alhamdulillah.




Hari ini, mau cerita mengenai bookbinding workshop bareng @bindingideas di Bandung Readers Festival tanggal 8 September kemarin. 

Sebelumnya kenalan dulu yuk sama Bandung Readers Festival.

Bandung Readers Festival ini diadakan dari tanggal 4 September 2019 sampai dengan tanggal 8 September 2019. Bandung Readers Festival ini festival literasi pertama di Kota Bandung. Dan, festival literasi ini, gratis dan terbuka untuk umum. 

Bandung Readers Festival ini diadakan di 4 tempat. Yaitu:
  1. Institut Francais Indonesie
  2. NuArt Sculpture Park
  3. Abraham & Smith HQ
  4. Rumah The Panasdalam
  5. Museum Gedung Sate
Festival ini diisi oleh berbagai program seperti sharing sessions, diskusi, story telling, taaruf buku, workshops, bazaar buku, dan talkshows.

Aku tau Bandung Readers Festival ini dari akun @bdgreadersfest itu sendiri, dan langsung semangat pengen ikut salah satu program yang bakalan diadain nanti. 

Sampai akhirnya, memutuskan untuk ikut salah satu workshop tanggal 7 September. Yaitu, bookbinding

Workshop bookbinding ini salah satu program Bandung Readers Festival yang bekerjasama dengan komunitas @bindingideas dari kota Salatiga. Yang diadakan di tempat ke 4 yaitu, Museum Gedung Sate.

Sambil menyelam, minum air. Sambil workshop sambil main ke museum lagi. Yuhuuu! Sukak museum banget anaknya tu.

Oh ya, kalian udah tau apa itu bookbinding? Kalau belum, bookbinding itu adalah penjilidan buku. Sekian hahaha. Kurang lebih seperti itu ya. Lengkapnya kalian bisa searching aja di Google☺

Semua alat dan bahan untuk workshop ini disediakan oleh tim @bindingideas. Kita hanya perlu membayar Rp 20.000,- untuk bisa ikut workshop ini.

Kesan pertama setelah lihat booth @bindingideas langsung jatuh cinta dengan banyaknya jurnal/notebook handmade, pencil case handmade, pouch handmade. Pokoknya semua handmade


 

Daftar. Nggak pikir lama. Tapi karena ada tempat untuk workshop di booth terbatas, aku nggak bisa langsung join. Memutuskan buat keliling keliling cek booth-booth yang lain. 

Oh ya, selain ikut workshop bookbinding, aku juga donasi buku untuk @lemaribukubuku. Kalian bisa baca nanti diartikel ini. Nanti yaa.

Setelah tempat untuk workshop ada yang kosong, aku mulai belajar binding.

Alat-alat & bahan:
  • Kertas samson (kertas isian notebook)
  • Cover depan&belakang notebook
  • Awl
  • Needle (untuk menjahit buku)
  • Benang
  • Gunting, cutter, alas potong, penggaris
  • 2 buah penjepit kertas 
  • Pensil
Sebelumnya, kak Priska (owner dari @bindingideas) ngejelasin beberapa hal mengenai binding
Kertas yang dipakai bookbinding ini adalah kertas samson. Kertas berwarna cokelat kekuningan ini jadi kertas yang sering dipakai untuk isian notebook/jurnal. Dan bisa kalian temuin di toko buku terdekat. 

Dan, kali ini kita belajar binding buku dengan teknik jahit ala jepang 4 lubang. Atau bahasa kerennya Japanese  4 hole binding.

Workshop dimulai dengan merapihkan isian dengan cover. Agar bentuk sama dan rapih. Jika ada space berlebih, bisa dirapihkan dengan menggunakan cutter. Jangan lupa gunakan penjepit kertas kamu yaa agar isian&cover lebih rapih dan nggak kabur kemana-mana.

Lalu, kita mulai mengukur jarak antara hole satu dengan yang lain. Lalu diberi tanda menggunakan pensil. Yang mana tanda ini, akan dilubangi.

Lanjut, setelah 2 step diatas kita mulai menjahit. Teknik jahit japanese 4 hole ini bisa kalian lihat videonya disini

Sayangnya, saat workshop kemarin terlalu fokus, sampai lupa nggak sempet foto-foto langkah satu sampai terakhir. Jadi maaf ya, aku cuma bisa share teknik jahitnya dari video di YouTube.

Jadi deh, jangan lupa kencengin jahitan kamu ya. Biar cover & isian tetep kokoh.


hasil karyakuuu ☺

Simple & cepet banget loh. Sayang, tangan yang nggak terbiasa jahit ini yang bikin agak lama. Tapi, nggak apa. Namanya juga belajar ya nggak?

Buat kalian yang seneng nulis nulis di notebook atau jurnal bisa banget nih belajar binding. Nggak usah deh beli lagi, karena udah bisa buat sendiri. 

Oh ya, aku juga beli pouch handmade juga, lucu banget motifnya! 




Sekian cerita dari aku tentang belajar bookbinding di Bandung Readers Festival kemarin. Aku jadi semangat belajar & buat notebook sendiri. Semoga nanti bisa sharing disini lagi ya mengenai bookbinding ini.

See you on next article!


Love,



















1 Comments