Kenalan Yuk dengan iPusnas!

Assalamualaikum
Bandung, 23 April 2020


Aku mau ucapin "Selamat Hari Buku Sedunia!"

Sebelumnya, pasti banyak banget yang udah kenal dengan iPusnas. Tapi, aku telat banget kenalan sama iPusnas. Dan, aku merasa menyesal..

Di akhir bulan Maret, mungkin sekitar tanggal 20-24 itu awal aku berkenalan 'sepenuhnya' dengan iPusnas. Kenapa 'sepenuhnya'? Karena sebelumnya aku udah tau tentang dia (cie dia). Tapi aku yang selalu berpikiran lebih enak baca buku yang bisa ku pegang daripada eBook, mengabaikan rasa ingin tahuku. Dan, kini aku menyesal. Jangan seperti aku, ya.

Awalnya, karena ingin mengurangi pemakaian sosial media padahal hemat kuota akutuh, aku memutuskan untuk mencari eBook gratisan di Google Play Books. Karena, aku nggak menemukan sesuatu yang menarik dari yang gratisan, aku ingat tentang dia. Iya, iPusnas.

Setelah download appnya, registrasi, login. Dan, aku menemukan lebih dari apa yang aku harapkan.

Banyak buku. Ehem, kurang pas kayaknya. Tepatnya: Banyaaaaaaak buku. Yang. Aku. Cari. Selama. Ini. Dan. Itu. G R A T I S. Hayuk, kita sujud syukur bersama-sama. Alhamdulillah.

Aku mau tunjukin kalian, tampilan dari iPusnas.



iya, aku nulis ini di jam 3:46 pagi. :)))

ePustaka. mungkin ini semacam pilihan buku dari bapak-bapak petinggi negara. salah satunya ada bapak presiden kita, Pak Jokowi.

menu ini mungkin semacam Home/Beranda nya. karena kita bisa temuin banyak orang yang menambahkan buku-buku baru.

di Bookshelf, kalian bisa nemuin buku-buku yang sudah kalian pinjam.

Notification, tempat kalian bisa cek mengenai buku yang kalian mau sudah available atau belum, orang yang follow kalian, atau pesan terbaru dari oranglain.

ini profil akun iPusnas aku. followersnya cuma 5 wkwk. karena aku terlalu fokus sama bukunya, bukan nyari followers😂 oh ya, ada tingkatannya juga loh.

ini dia. sebelumnya aku adalah Newbie. dimana kalau mau naik kelas jadi Bookworm itu ada misinya gitu. nah 3 misi diatas harus diselesaikan kalau kalian mau naik kelas jadi Socializer.

Oh ya, ada banyak kategori/genre buku yang kalian bisa cari disini. Sejauh ini aku sudah membaca


Beneran 34 buku dalam kurun waktu 1 bulan? Nggak mungkin lah, cyin

Ada beberapa buku yang belum selesai ku baca, entah karena belum selesai (2), dan tidak melanjutkan karena tidak tertarik. 

Berikut beberapa buku yang sudah ku baca dari iPusnas.
  • Tru & Nelle oleh G. Neri
  • Running for Hope oleh Dona Sikoembang
  • The Alchemist oleh Paulo Coelho
  • Sharp Objects oleh Gillian Flynn
  • One of Us is Lying oleh Karen McManus
  • A Man Called Ove oleh Fredrik Backman
  • Si Kembar di Sekolah yang Baru oleh Enid Blyton
  • The Hunger Games oleh Suzanne Collins
  • The Hunger Games: Catching Fire oleh Suzanne Collins
  • The Hunger Games: Mockingjay oleh Suzanner Collins
  • Dear Tomorrow: Notes to My Future Self oleh Maudy Ayunda
  • We Were Liars oleh E. Lockhart
  • Journal of Gratitude oleh Sarah Amijo
  • Finding Audrey oleh Sophie Kinsella
  • Into The Water oleh Paula Hawkins (still on progress)
15 buku ternyata. 😂
17 sisanya aku masih belum aku selesaikan.
2 buku yaitu Laut Bercerita dan Dunia Sophie belum aku baca, karena masih baca Into The Water.
Semoga aku bisa selesaikan buku Into The Water, hari ini. 

Semoga hari ini.

Semoga.

Aku hampir lupa, di iPusnas ini sistemnya sama seperti perpustakaan aslinya. Maksudnya, 1 judul eBook hanya ada beberapa copy di iPusnas. Jadi saat status bukunya tidak tersedia. Kita harus mengantri agar bisa mendapatkan eBook tersebut. 

Saat ini aku sedang antri 6 buku. Itu pun, terkadang kita harus antri berhari-hari. Contohnya buku yang sedang ku baca, Into The Water. Aku harus menunggu sekitar kurang lebih 2 mingguan, sampai akhirnya bisa ku pinjam😢

Apalagi ya yang belum ku tulis tentang iPusnas? 

Oh ya, kalian bisa memberikan rating terhadap buku yang sudah kalian pinjam, memberikan komentar agar calon pembaca buku bisa tau bagaimana tanggapan kalian tentang buku tersebut. 

Pokoknya, untuk kalian yang sukak baca buku, tapi terbatas dana untuk membeli buku, kalian yang sukak gratisan seperti aku atau kalian lagi cari kegiatan baru disaat #dirumahaja. Kalian harus kenal dengan iPusnas. Aku jamin, kalian pasti jatuh cinta. 💕

Kapan-kapan, akan aku tulis lagi review aku mengenai buku yang sudah aku baca di iPusnas, ya. 

Kapan-kapan. Ehe.

Jaga selalu kesehatan kalian, ya.
Jangan lupa cuci tangan!

Love,

Sylvia

7 Comments