Apa Yang Harus Dilakukan Selama #dirumahaja ?

Assalamualaikum
Bandung, 13 April 2020

source: Pinterest

Semenjak pandemi global ini hadir dan mulai menyebar di Indonesia, beberapa kalangan 'dirumahkan'. Murid, pekerja bahkan pedagang kecil pun juga 'dirumahkan'.

Tapi beda hal denganku, aku memang sudah 'dirumahkan' semenjak 2 tahun yang lalu. Semenjak menikah.

Jadi adanya #dirumahaja ini tidak begitu berpengaruh terhadapku yang sudah jadi tim #dirumahaja sejati.

Banyak orang, terutama orang-orang yang mempunyai kepribadian ekstrovert merasa bosan, kesal, bahkan stress karena nggak bisa keluar rumah.

Tapi untuk yang punya kepribadian introvert rasanya yang aman-aman aja. Karena memang zona nyaman mereka itu salah satunya #dirumahaja.

Berikut adalah beberapa hal yang aku lakukan selama #dirumahaja. Siapatau bisa jadi kegiatan tambahan untuk kamu.
  • Baca buku yang belum sempat dibaca
Iya, jadi aku tuh selalu seneng beli buku. Apalagi buku tentang pengembangan diri gitu. Tapi ujung-ujungnya aku biarkan berjejer rapih di rak buku. Ehe. Sekarang aku mulai baca-baca lagi.

  • Menanam sayuran
Dalam beberapa bulan ini, aku lagi seneng banget coba-coba tanam ini itu. Kebetulan tanah didepan rumah itu subur banget. Apa yang ditanam biasanya tumbuh walaupun tanpa pupuk. Ditambah lagi musim hujan kayak gini, tanaman tumbuh dengan sehat dan baik. Yeay.

  • Baca eBook dari iPusnas

Aku merasa... sedih dan menyesal. Kenapa baru kenal dengan iPusnas sekarang-sekarang ini. Sejak 22 Maret kemarin (iya, aku catat.) Aku sudah baca 11 eBook. Terimakasih iPusnas. I love you.

  • Journaling

Journaling bener-bener membantu aku untuk lebih produktif. Karena ada to do list yang harus aku coret, ketika aku sudah selesai. Ada habits tracker yang harus aku warnai. Ada agenda yang harus aku isi dengan beragam kegiatan. Pokoknya journaling itu membantu banget!

  • Mempersiapkan surat untuk sahabat pena

Akhir-akhir ini selama #dirumahaja aku mencoba tetap produktif mengisi waktu luangku dengan surat menyurat. Walaupun surat belum bisa aku kirim, karena hampir semua pengiriman surat/barang ke luar negeri itu ditutup. Kecuali negara Jepang, Korea, Hongkong dan Taiwan. Tapi untuk dalam negeri masih bisa kirim-kirim kok. Cuma akunya aja yang mengulur waktu, agak ngeri keluar rumah soalnya.

  • Mengikuti kajian online

Disaat seperti ini, kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang dilarang. Salah satu kegiatan yang dilarang adalah kajian offline. Aku yang sudah lama nggak recharge diri aku dengan kajian, memutuskan untuk ikut kajian online ini. Selama kajian online ini, aku jadi dapat banyak teman online baru. Ilmu baru juga pastinya.

  • Bersih bersih rumah
2 minggu lalu, aku dan suamik membersihkan kamar kami, mengganti posisi barang-barang, dan declutter beberapa barang. Hasilnya sekarang, ruangan kamar kami lebih banyak ruang kosongnya. 

  • Bermain dengan hewan peliharaan

Aku merasa beberapa bulan ini aku selalu disibukan dengan kehidupan aku sendiri tanpa kasih perhatian lebih sama si Eceu, selain ngasih makan dia. Aku coba 'bayar' dengan ngajak main dia. 

Selain itu kamu bisa muraja'ah hafalan kamu, dengerin murotal Al Qur'an, dan khatamin Al Qur'an. Biar lebih berfaedah waktu kamu selama #dirumahaja 

Jadi, apa kegiatan kamu selama #dirumahaja ?

Love,

Sylvia

0 Comments