Gowes Sepeda Air di Situ Patenggang

Assalamualaikum.

Hari ini mau cerita tentang perjalanan ke Situ Patenggang.

Dulu, waktu kecil pernah jalan-jalan sekeluarga ke Situ Patenggang. Kalau nggak salah sekitar umur 9 atau 10 tahun. Tapi bener-bener udah lupa.

Rencana awal, suamik dan aku memutuskan buat jalan-jalan ke Ciwidey, tapi nggak ada tujuan pastinya dimana. Yang penting aku dan suamik berangkat dulu.

Jarak antara rumah sampai Ciwidey itu kurang lebih 40km. Makan waktu sampai 2,5jam lah. Cukup buat bikin pinggang pegel, karena aku kesana naik motor.

Perjalanan mulai dari Padalarang-Cimareme-Batujajar-Soreang-Ciwidey.

Selama perjalanan, kita disungguhi pemandangan macet, cuaca yang panas, sampai dimana pemandangan kebun teh terhampar dimana mana☺

Karena trip kali ini terlalu dadakan, dan kita berangkat jam 11 siang☺ kita nggak prepare bekal & bawaan yang memadai(?)

Dipertengahan jalan, aku dan suamik berhenti disalah satu Warung Tegal a.k.a warteg buat makan. Iya, kita emang bener bener ngehemat tiap jalan wkwk.

Setelah perut kenyang, lanjut perjalanan. Dan sempat berhenti dibeberapa tempat untuk mengistirahatkan pinggang yang rasanya mau copot. Pegel banget!

Kalau kayak ginituh, rasanya aku rindu naik vespa. Karena jok vespa suamik itu bener bener empuk dan luas. Tapi sekarang kemana mana naik si matic. Yang joknya terlalu  amat kecil dan tipis untuk nopang badanku yang besar ini☺

Sepanjan perjalanan, rasanya mau pingsan. Panasnya bener bener nggak karuan! Bener bener panas. Pernah nggak sih, pas cuaca lagi panas kamu lihat dari kejauhan semacam ada gelombang yang gerak gerak gitu dari mungkin karena saking panasnya? Apa ya, susah jelasin rasanya.

Oke, aku sempet searching selama perjalanan. Tempat yang paling cocok buat kita datengin, awalnya pilihan pertama ke Kawah Putih. Tapi karena kita mau jalan-jalan hemat, Kawah Putih dicoret. Ganti ke Situ Patenggang.

Setelah sampai di Kebun Teh Rancabali, kita memutuskan buat jajan sambil nikmati pemandangan, hirup udara yang bener bener syeger, ditambah suasana yang ademmm banget, di pinggir jalan, iya, salah satu tempat nongkinya ada di pinggir jalan, banyak tukang jajanan juga. Kayak, mie gelas, kopi, teh anget, jagung bakar, dll.

Yang penasaran, sebagus apa sih pemandangan kebun teh ini. Check this out!

Buat kamu yang jenuh dengan suasana perkotaan, cuaca yang panas, polusi dimana mana. Cocok banget dateng kesini. Bikin betah banget. Rasanya males pulang, hiks.

Oke lanjut lagi.
Setelah beres istirahat sambil duduk di pinggiran kebun teh, kita lanjut.

Dengan bayar Rp 20.000,-/orang diluar biaya parkir motor kalau nggak salah 3-5rb. Dan setelah sampai di parkiran motor, harus bayar biaya parkir & penitipan helm.

Perubahan suhu udara terasa banget setelah masuk daerah Situ Patenggang. Terasa jauh lebih panas. Mungkin karena posisi Situ Patenggang juga memang lebih bawah.

Setelah parkir motor, berasa kurang worth it aja. Air Situ Patenggang nggak begitu jernih, tapi luar biasa bersih dari sampah. Keren banget!

Ada beberapa bungalow kayaknya yang tersedia disana untuk makan atau sekedar nongkrong. Tapi karena saat itu lumayan banyak orang, aku dan suami memutuskan buat diem di pinggiran Situ sambil nikmati pemandangan.

Perahu dan sepeda air lalu lalang di Situ. Mulai dari perahu manual yang dikayuh, perahu yang pakai mesin, sepeda air yang digowes.

Aku yang selalu penasaran ini, bilang ke suami "pengen coba naik sepeda air, yang angsa ituloh." Dan nggak lama kita udah pegang tiket sepeda air ini.

Iya, Rp 40.000,-/jam untuk 2 orang. Lumayan sih harganya untuk istri hemat seperti aku tapi worth it lah.

Gowes, gowes, gowes. Ternyata capek juga gengs kayuh si angsa putih ini. Kita sampai ngemil & beberapa kali minum buat recharge tenaga setiap gowes si angsa wkwk.

Pemandangannya juga lumayan cucok, ditambah angin semilir yang enak banget ngademin badan yang agak keringetan hasil gowes si angsa.

Dan emang bener keren karena nggak ada sampah selama aku & suami keliling keliling naik si angsa.

Dan ternyata waktu 1 jam itu nggak terasa. Tau tau udah sejam aja gitu. Baliklah kita ke tempat dimana si angsa parkir di pinggir Situ.

Setelah itu kita beberapa kali ambil foto, pulang deh.

Singkat banget sih. Tapi berkesan, karena istri butuh liburaaaan hahaha. Bosen di rumah terus rasanya.

Terterimakasih untuk suami shalehkuu yang selalu 'hayuk' tiap aku ajak sana sini. Love banget wkwk.

Sekian. Semoga ada yang bisa kalian ambil dari cerita kali ini. Walaupun ya, aneh seperti biasa.