January: Day 2 Writing Challenge - Something that Someone Told About Yourself that You Never Forget

Assalamualaikum.
Bandung, 2 Januari 2020


Something that someone told about yourself that you never forget


Ini kejadiannya udah bertahun-tahun lalu, tapi masih teringat terus sampai sekarang. Ntah lucu atau nyakitin wkwk tapi bener-bener ngebekas dipikiran gitchu.

Jadi, di tahun 2015 aku sempet kerja merantau ke Purwakarta. Nah, orang Purwakarta itu kalau ngomong bahasa sunda, bahasanya yang lemes atau lembut banget gitu. Sedangkan aku nggak biasa dan nggak bisa ngomong bahasa sunda yang lemes. Jadi kalau ada obrolan antara aku ke warga sekitar ya aku sebisa mungkin pakai bahasa Indonesia. Takut keceplosan bahasa sunda yang kasar soalnya, kan nggak enak. Apalagi kalau sama yang lebih tua. Berabe, wkwk.

Pagi itu aku jemur beberapa pakaian dan selimut yang udah aku cuci dari subuh. Iya, pas ngekos aku tuh rajin banget orangnya. Di saat lagi jemur depan kosan, beberapa jarak dari kosan itu ada beberapa ibuk-ibuk yang lagi nongkrong gitu sambil nyuapi anaknya. 

Aku cuma senyum tipis aja ke ibuk-ibuk itu sambil lanjut jemur. Lagi asik jemur,tiba-tiba kedengeran suara ibuk-ibuk yang lagi ngobrol. Iya, ngomongnya nggak pelan-pelan, makanya kedengeran. 

"Mun si teteh eta jangkung alit mah da geulis sok gera."
"Teteh nu mana?" 
"Itu nu nuju ngajemur, hanjakal we gendut."

Duarrr!!!

Eh kalian udah pada tau artinya belum? Wkwk. Lemme translate it for you
"Kalau anak itu tinggi kurus pasti cantik."
"Anak yang mana?"
"Yang itu yang lagi jemur, sayangnya dia gendut."
HAHAHAHA

Disaat itu aku bingung mau ketawa atau kesel. Karena pertama, mereka nggak tau kalau aku sebenernya ngerti bahasa sunda lemes tapi nggak bisa ngomongnya doang. Kedua, kenapa orang cantik di identikan dengan yang tinggi kurus putih mancung? Terus yang tinggi gendut kayak aku nggak cantik gitu? 

Kenapa oh kenapa. Wkwkw.

Beberapa hari sesudahnya, 3 orang temen laki-laki bilang hal yang sama. Ditambah kata d i e t. 
"Syl, coba diet. Geulis da kamu kalau langsing."
Kenapa aku masih inget? Mungkin karena lucu ditambah kesel aja rasanya wkwk. 

Emang kalik ya. Kebanyakan orang tuh sukak dan nyari yang putih-putih, udah gitu tinggi-tinggi. Tapi apa iya itu yang dicari bukan b i h u n?

Buktinya, ini perempuan yang dikatain tinggi gendut terus harus diet kalau nggak diet jelek, udah nikah lho. Udah gitu dapet suamiknya baik hati, sholeh lagi. InshaAllah aamiin wkwkw. 

Dah ah

Sekian. Dilanjut dengan tulisan besok hari. 


Love

Sylvia 


Ps. Setelah 'tragedi' jemuran. Aku pernah sengaja ngomong bahasa sunda lemes pas lewat para ibuk yang ngomongin aku. Mereka kaget dong hahaha. Lucu banget kalau inget muka-muka kaget mereka kayak apa.

0 Comments